PENDAHULUAN

Masalah-masalah hukum telah berkembang pesat sejalan dengan pertumbuhan masyarakat Indonesia. Perkembangan ekonomi dalam skala dunia yang diikuti oleh kemajuan di bidang teknologi dan informasi menjadikan permasalahan hukum yang muncul semakin beragam dan membawa multiplier effect. Perkembangan demikian menuntut ketersediaan tenaga yang memiliki kemampuan lintas keilmuan untuk memahami, menjelaskan, serta memiliki kecakapan memecahkan masalah-masalah yang sedang terjadi. Pada masa mendatang masalah hukum akan berkembang semakin luas dan kompleks. Oleh karena itu, melalui Program Doktor Ilmu Hukum ini diharapkan menghasilkan sumber daya manusia yang berkemampuan akademik dan profesional di bidang hukum.

VISI :

Menjadi lembaga pendidikan untuk menghasilkan doktor ilmu hukum yang unggul, mandiri, dan berbudaya dalam tatanan masyarakat global.

MISI :

  1. Meningkatan pemahaman dalam penguasaan serta mampu mengembangkan ilmu hukum dalam tataran abstrak analisis, baik teoritikal maupun praktikal
  2. Mampu menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada nasyarakat dalam ilmu hukum melalui pendekatan filosofis, teoritik dan interdisipliner dalam memecahkan masalah masalah hukum yang kompleks, baik dari dimensi budaya, politik, sosial dan ekonomi.
  3. Menyelenggarakan dan memberdayakan Program Studi Doktor Ilmu Hukum Universitas Udayana sebagai program studi yang berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan nilai-nilai budaya.
  4. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi hukum, pemerintah dan swasta, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional untuk meningkatkan kapasitas dan peran serta dalam reformasi hukum.

TUJUAN PENDIDIKAN

Pendidikan Program Doktor Ilmu Hukum di Fakultas Hukum  Universitas Udayana bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan doktor ilmu hukum yang berkualitas dengan kompetensi tinggi dalam penguasaan teori dan praktek
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dalam ilmu hukum, sesuai dengan perkembangan iptek dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Mewujudkan kehidupan masyarakat akademis yang kondusif, berkualitas dan mandiri, sistem manajemen pendidikan bermutu, transparan, demokrasi dan berjiwa kewirausahaan.
  4. Menjalin kerjasama pada tataran nasional dan internasional diberbagai bidang ilmu hukum untuk membangun jejaring kerjasama di bidang hukum.
Advertisements